Minggu, 18 Desember 2016

TUGAS 7 EKONOMI KOPERASI : CONTOH KOPERASI SUKSES DI INDONESIA


Contoh Koperasi Sukses di Indonesia

Menurut Ropke (2003), keberhasilan dan perkembangan usaha koperasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain pengelola, pelayanan, permodalan, partisipasi anggota dan pembinaan pemerintah. Sedangkan menurut Sitio dan Tamba (2001), keberhasilan koperasi sangat erat dengan partisipasi aktif anggota dalam koperasi.

Contoh koperasi sukses di Indonesia adalah Credit Union (CU). CU adalah badan usaha dimiliki oleh sekumpulan orang dalam satu ikatan pemersatu bersepakat untuk menabungkan uang mereka, sehingga menciptakan modal bersama guna dapat dipinjamkan diantara sesama mereka untuk tujuan produktif dan kesejahteraan. CU mempunyai kekhasan dibandikan dengan koperasi simpan pinjam apalagi dengan koperasi lain. CU harus dikelola dengan memperhatikan kaidah-kaidah ekonomi tanpa melupakan tujuan dibentuk usaha itu. Bunga pinjaman dalam CU harus layak. Layak dalam arti dapat memberi balas jasa simpanan sesuai pasar dan dapat membiayai operasional kantor CU.

Menurut Amelia (2001), tujuan didirikan CU adalah :
1.   Membimbing dan mengembangkan sikap hemat diantara para anggota, sehinga efisien dan efektifitas usaha tercpai. Menghemat itu penting sekali karena dengan menghemat orang dapat menabung.
2.   Memberikaan pinjaman layak, tepat, cepat dan terarah.
3.  Mendidik anggota dalam menggunakan uang secara bijaksana. CU mengajarkan cara menggunakan uang secara bijaksana untuk mencegah kecerobohan dalam penggunaan uang.

Keberhasilan koperasi CU ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain:
1.  Tujuan koperasi tidak semata-mata mencari keuntungan saja tetapi meningkatkan kesejahteraan anggota.
2.  Tidak ada perbedaan hak suara. Satu anggota satu suara dan tidak boleh diwakilkan.
3.  Bekerja secara terbuka dan diketahui oleh semua anggota.
4.  Anggota adalah faktor utama dari koperasi.
5.  Tanda peserta hanya mengenal satu macam keanggotaan dan tidak diperjualbelikan.


Daftar Pustaka

Amelia. 2001. Peranan Aktivitas Credit Union dalam Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. Medan. Program Magister Studi Pembangunan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP-USU).

Ropke Jochen. 2003. Ekonomi Koperasi Teori dan Manajemen. Salemba Empat.

Sitio dan Tamba. 2002. Koperasi Teori dan Praktek. Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar